Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

JENIS TARI MANCANEGARA

1. Tari Katkhali dan Odissi (India)

Di india tarian muncul sebaagai pendamping untuk bentuk kesenian yang lain seperti puisi, musik, dan teater.
Tarian di India merupakan unsur gabungan dari nritta, nritya, dan natya. Nritta merupakan unsur yang berupa gerakan dan tidak berarti apapun. Nritya adalah suatu ekspresi yang mendampingi gerakan. Dan natya adalah ekspresi tari yang sesuai dengan sejarah.
Dalam mengekspresikan natya, penari harus mengetahui kisah dibalik tarian yang akan dibawakannya. Setiap tarian di India mewakili sebuah kisah-kisah yang mengangkat kehidupan, etika, dan kepercayaan.







Katkhali adalah tarian yang dicirikan dengan gerakan yang cepat dan berputar.



Tari Odissi merupakan perkembangan tarian di India yang mewakili sebuah ekspresi kebaktian. Kesenian ini sangat dipertahankan di semua tempat-tempat suci di India. Karakteristik tarian ini terletak pada defleksi pinggul, sikap berdiri dalam tarian, desain gerakan tangan, gerakan putar tubuh yang mengalir, juga pose patung yang terkandung dalam gerakan tarian.








2. Tari Kipas dan Tari Barongsai (Cina)

a. Tari Kipas



Tarian ini sangat populer di mancanegara. Tarian ini sering ditampilkan dalam berbagai acara. Tarian ini lebih banyak ditarikan oleh para wanita yang lemah gemulai dan membentuk ornamen yang indah.
Tarian ini merupakan jenis tarian klasik yang sering ditampilkan di istana dan dihadapan raja dengan penari yang cantik. Pakaian dan kipas yang digunkan pada umumnya berwarna terang. Kipas yang digunakan adalah kipas khusus yang bila digerakkan akan membentuk suatu ornamen seperti bunga.

b.Tari barongsai


barongsai adalah tarian tradisonal Cina dengan menggunakan sarung menyerupai singa. Barongsai memiliki sejarah selam ribuan tahun. Atu gerakan tarian barogsai adalah gerakan singa memakan amplop yang berisi uang. Gerakan ini disebut lay see. Diatas amplop umumnya diberi selada air yang konon merupakan makanan kesukaan barongsai. Proses ini meakan waktu hamper separuh dari lamanya pertunjukan seni tari barongsai.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

tulisan nya kurang jelas bisa di per jelas lain kali trimakasih

Posting Komentar